Bagaimana Alat Bantu Mencoblos Bagi Difabel Netra disiapkan KPUD?

Mencoblos atau menggunakan hak pilih adalah hak bagi setiap warga negara yang telah berusia 17 tahun atau telah menikah.

Bagi Difabel Netra, kemudahan mencoblos dalam Pemilu yang bersandar kepada “budaya awas” atau para kaum yang melihat tidak akan terjadi. Bagi mereka yang matanya melihat akan mudah mencoblos dengan desain kertas suara seperti yang biasa Anda atau kalian coblos. Mata kalian bisa dengan mudah menangkap dan mengenali warna, membaca kalimat dan mengenali tanda semisal kotak atau lingkaran di mana pemilih harus mencentrang atau mencoblos.

template-dan-perdik

Nah, saat ini pengelola pemilu mulai berpikir secara ‘Universal Desain”. Desain pemilu sampai ke hal paling detail haruslah memudahkan bagi siapapun pemilih. salah satunya adalah soal mencoblos bagi pemilih buta di atas. Ya, untuk itu, kalau pemilu sebelumnya, belum ada template braile disediakan secara massif, maka saat ini sudah tersedia di setiap TPS.

Pilkada di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan, misalnya. Ada 351 TPS dan untuk itu butuh 351 Template Braille dan beberapa untuk keperluan sosialisasi kepada publik dan petugas KPPS.
Apakah Alat bantu ini akan membantu pemilih Netra?
Belum tentu!!!

Mengapa?

Karena ternyata, tidak semua orang buta pernah belajar bagaimana mengenali huruf, membaca dan menulis dengan huruf braile?

Tetapi tentu banyak orang buta bisa, apalagi kalau ia pernah sekolah di SLB atau sekolah reguler.

Kalau tidak bisa baca braille? Ya solusinya adalah petugas KPPS meminta kepada pemilih untuk dibantu. Jika pemilih bersedia dibantu mencoblos, maka petugas atau saksi itu mesti menanda tangani formulir C3 untuk menjaga kerahasiaan pemilih tersebut.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bersyukurlah, saat ini KPUD Takalar sudah menyiapkan braille template tersebut dan semoga para difabel bisa berbondong-bondong menyetorkan pilihannya di TPS yang akses, Kotak suara yang akses, Kertas suara yang akses, dan pulang ke rumah dengan hati senang!

 

 

 

Please follow and like us: